Langsung ke konten utama

TUGAS ETIKA BISNIS

Opini saya mengenai :
Kelompok 9 tentang "Usaha Restoran Bebek Dower dan Kaitannya dengan Hubungan Perusahaan Stakeholder/CSR". 
Definisi stakeholder merupakan kelompok-kelompok yang berada didalam maupun diluar perusahaan/sebuah organisasi yang memiliki peran dalam mencapai keberhasilan suatu perusahaan. Internal Stakeholder meliputi pemilik/pemegang saham, karyawan dan manager. Rstoran Bebek Dower merupakan salah satu restoran yang ada di Jakarta. Pemegang saham terbesar usaha ini ialah pemilik/owner resto itu sendiri yaitu Bapak Doni dan Ibu Erna. Resto ini sangat berkaitan dengan stakeholder. Dalam persaingannya, usaha Bebek Dower ini tetap menjunjung tinggi etika dalam berbisnis. Mulai dari kerjasama dengan perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan usahanya, pemasok bahan baku/supplier, juga customer yang yang selalu menjadi hal yang diperhatikan mengenai kepuasan pelanggan dan memberikan pelayana terbaik bagi pelanggan restoran tersebut. 3 stakeholder utama dalam di dalam bisnis ini yaitu : pemegang saham dan investor, pelanggan/customer, karyawan.

Opini saya mengenai :
Kelompok 8 tentang "Budaya Organisasi Serta Kendala Dalam Kinerja Bisnis" (Happiness Kitchen&Coffee).
Budaya Organisasi merupakan budaya yang dianut oleh suatu organisasi dan organisasi itu menjadi pembeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Kebiasaan, tradisi dan cara umum dalam melaksanakan segala sesuatu yang ada disebuah organisasi saat ini merupakan hasil atau akibat dari yang telah dilakukan sebelumnya. Kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yang etis yaitu mengatasi masalah modal, mengatasi masalah tenaga terampil, masalah bahan baku, dan mengatasi masalah pemasarannya. Disini contoh perusahaan yang diambil dengan keterkaitannya mengenai budaya organisasi serta kendala dalam kinerja bisnis yaitu pada Happiness Kitchen&Coffee, yang dibuka pada 16 April 2016. Owner dari cafe ini yaitu Deddy Satriawan dan Dian Andriani. Mereka membuat konsep cafe tersebut ke desain industrial yang identik terinspirasi dari coffee shop yang ada di Belanda yaitu dengan suasana yang homey dan comfortable serta warna pastel bagian indoor dan garden pada bagian outdoornya. Budaya Organisasi yang diterapkan pada cafe Happiness Kitchen&Coffee ini yaitu karyawannya yang harus berseragam rapi, disiplin waktu karyawan, sopan dan ramah kepad cutomernya, jujur dalam melayani pelanggan, karyawan harus rapi dan menjaga kebersihannya, serta memahami makanan dan minuman yang tersedia pada menu.

Opini saya mengenai :
Kelompok 7 tentang "Jenis Pasar, Etika Dalam Pasar Kompetitif dan Etika dalam Pasar Global" (Ramayana Department Store).
PT. Ramayana Lestari sentosa, Tbk atau biasa dikenal Ramayana merupakan salah satu department store yang terkemuka di Indonesia, diposisikan untuk melayani pasar menengah kebawah. Sebelumnya saya akan menjelaskan bahwa ada beberapa jenis pasar yang kita ketahui yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopoli dan pasar oligopoli. Ramayana bergerak sebagai badan usaha yang termasuk kedalam pasar oligopoli dimana dalam pasar tersebut terjadi persaingan yang sangat ketat antara perusahaan  besar lainnya seperti Matahari Department Store, Giant, dan Carrefour. Pasar Oligopoli merupakan bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Dalam melakukan bisnisnya Ramayana tidak hanya mementingkan keuntungan penjualan saja tetapi juga memperhatikan serta kebutuhan konsumennya. Ramayana mengikuti aturan dan etika dalam bisnis global yang berlaku terutama dalam faktor budaya dan media pemasaran global.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Bisnis: Pelanggaran Pemalsuan Laporan Keuangan PT. Kimia Farma

ETIKA BISNIS PELANGGARAN PEMALSUAN LAPORAN KEUANGAN PT. KIMIA FARMA Disusun oleh Kelompok 6 : Dio Aikel (13214188) Fadhila Fitria C (13214743) Irfansyah Kuteh (15214454) La Ode Muh.Saiful (15214953) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma 2017 BAB I PENDAHULUAN 1.1                    Pengertian Etika Bisnis Fadhila Fitria C (13214743) Dari asal usul kata, Etika berasal dari bahasa Yunani ‘ ethos ’ yang berarti adat istiadat/ kebiasaan yang baik Perkembangan etika yaitu Studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya. Menurut Kamus Besar B a h a s a Indonesia (1995) Etika adalah Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Menurut Maryani & Ludigdo (2001) Etika adalah Seperangkat aturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan mau

DEFINISI PENGATURAN, KARAKTERISTIK GCG DAN KAITANNYA DENGAN ETIKA BISNIS

ETIKA BISNIS BAB 9 DEFINISI PENGATURAN, KARAKTERISTIK GCG DAN KAITANNYA DENGAN ETIKA BISNIS Kelompok 6 (Enam)   Dio Aikel (13214188) Fadhila Fitria C (13214743) Irfansyah Kuteh (15214454) La Ode Muh.Saiful (15214953) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma 2017       BAB I ETIKA DAN BISNIS SEBAGAI SEBUAH PROFESI 1.1.             Definisi Etika Bisnis Perkembangan dunia bisnis yang cepat dan dinamis pada saat ini, perlu diimbangi dengan aturan-aturan atau norma-norma untuk mengatur bisnis tersebut.Hal ini, ditujukan agar pihak-pihak terkait dalam aktivitas bisnis dapat berjalan dengan baik, lancer dan berkesinambungan serta dapat mendatangkan manfaat bagi kelangsungan hidup perusahaan. Etika berasal dari bahas Yunani “ Ethos ” yang berarti adat atau kebiasaan. Hal ini berarti bahwa etika terkait dengan nilai-nilai, tata cara hidup yang baik, dan segala kebiasaan yang dianut dan diwariskan dari satu generasi ke

Fashion Hijab di Era Globalisasi

FASHION HIJAB DALAM ERA GLOBALISASI PENDAHULUAN                                       A. L atar Belakang      Dari generasi ke generasi kita telah mengetahui bahwa sudah banyak yang menggunakan busana muslim, dimana sudah mengikuti era zaman. Maka dari itu, sudah pula banyak wanita muslim yang mengembangkan busana tersebut salah satunya hijab. Ada pula wanita-wanita yang memberikan intruksi ataupun tutorial untuk berhijab melalui media masa. Berbagai model hijab telah ada di era modern ini. Perlu kalian ketahui, bahwa model hijab yang di intruksikan banyak diterima di kalangan masyarakat terutama wanita muslim dan sekarang sudah menjadi busana yang mengikuti zaman. Jadi , perlu diketahui bahwa   busana muslim bukanlah selalu yang berbau keagamaan, tetapi busana muslim juga mampu mengikuti globalisasi.      Jilbab telah lama dikenal sebelum datangnya Islam, pada kalangan bangsa Ibrani yang dibangun oleh nabi Ibrahim AS juga telah mengenal adanya jilbab. Sejalan d