Opini saya mengenai :
Kelompok 9 tentang "Usaha Restoran Bebek Dower dan Kaitannya dengan Hubungan Perusahaan Stakeholder/CSR".
Definisi stakeholder merupakan kelompok-kelompok yang berada didalam maupun diluar perusahaan/sebuah organisasi yang memiliki peran dalam mencapai keberhasilan suatu perusahaan. Internal Stakeholder meliputi pemilik/pemegang saham, karyawan dan manager. Rstoran Bebek Dower merupakan salah satu restoran yang ada di Jakarta. Pemegang saham terbesar usaha ini ialah pemilik/owner resto itu sendiri yaitu Bapak Doni dan Ibu Erna. Resto ini sangat berkaitan dengan stakeholder. Dalam persaingannya, usaha Bebek Dower ini tetap menjunjung tinggi etika dalam berbisnis. Mulai dari kerjasama dengan perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan usahanya, pemasok bahan baku/supplier, juga customer yang yang selalu menjadi hal yang diperhatikan mengenai kepuasan pelanggan dan memberikan pelayana terbaik bagi pelanggan restoran tersebut. 3 stakeholder utama dalam di dalam bisnis ini yaitu : pemegang saham dan investor, pelanggan/customer, karyawan.
Opini saya mengenai :
Kelompok 8 tentang "Budaya Organisasi Serta Kendala Dalam Kinerja Bisnis" (Happiness Kitchen&Coffee).
Budaya Organisasi merupakan budaya yang dianut oleh suatu organisasi dan organisasi itu menjadi pembeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Kebiasaan, tradisi dan cara umum dalam melaksanakan segala sesuatu yang ada disebuah organisasi saat ini merupakan hasil atau akibat dari yang telah dilakukan sebelumnya. Kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yang etis yaitu mengatasi masalah modal, mengatasi masalah tenaga terampil, masalah bahan baku, dan mengatasi masalah pemasarannya. Disini contoh perusahaan yang diambil dengan keterkaitannya mengenai budaya organisasi serta kendala dalam kinerja bisnis yaitu pada Happiness Kitchen&Coffee, yang dibuka pada 16 April 2016. Owner dari cafe ini yaitu Deddy Satriawan dan Dian Andriani. Mereka membuat konsep cafe tersebut ke desain industrial yang identik terinspirasi dari coffee shop yang ada di Belanda yaitu dengan suasana yang homey dan comfortable serta warna pastel bagian indoor dan garden pada bagian outdoornya. Budaya Organisasi yang diterapkan pada cafe Happiness Kitchen&Coffee ini yaitu karyawannya yang harus berseragam rapi, disiplin waktu karyawan, sopan dan ramah kepad cutomernya, jujur dalam melayani pelanggan, karyawan harus rapi dan menjaga kebersihannya, serta memahami makanan dan minuman yang tersedia pada menu.
Opini saya mengenai :
Kelompok 7 tentang "Jenis Pasar, Etika Dalam Pasar Kompetitif dan Etika dalam Pasar Global" (Ramayana Department Store).
PT. Ramayana Lestari sentosa, Tbk atau biasa dikenal Ramayana merupakan salah satu department store yang terkemuka di Indonesia, diposisikan untuk melayani pasar menengah kebawah. Sebelumnya saya akan menjelaskan bahwa ada beberapa jenis pasar yang kita ketahui yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopoli dan pasar oligopoli. Ramayana bergerak sebagai badan usaha yang termasuk kedalam pasar oligopoli dimana dalam pasar tersebut terjadi persaingan yang sangat ketat antara perusahaan besar lainnya seperti Matahari Department Store, Giant, dan Carrefour. Pasar Oligopoli merupakan bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Dalam melakukan bisnisnya Ramayana tidak hanya mementingkan keuntungan penjualan saja tetapi juga memperhatikan serta kebutuhan konsumennya. Ramayana mengikuti aturan dan etika dalam bisnis global yang berlaku terutama dalam faktor budaya dan media pemasaran global.
Komentar
Posting Komentar